1.150 Satpol PP Amankan Pelantikan Gubernur-Wagub DKI Jakarta

Wakil Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Hidayatullah. (Foto: Erna Martiyanti / beritajakarta.id)
maiwanews – Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta periode 2017-2022 diamankan 1.1500 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Sedikitnya ada sembilan titik menjadi fokus penjagaan personel dalam rangka mensukseskan acara pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Dalam pernyataannya Senin 16 Oktober di Balaikota DKI Jakarta, Wakil Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Hidayatullah mengatakan, Satpol PP diminta membantu TNI dan Polri dalam mengamankan pelantikan. Total anggota TNI-Polri sebanyak 7.200 personel.

Hidayatullah menjelaskan, penjagaan titik pertama dilakukan di kawasan Istana Negara dari Jalan Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Utara dan Harmoni. Titik kedua adalah di kawasan Patung Kuda mulai dari Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, dan Jalan Merdeka Timur.

Penjagaan titik ketiga di Pospol Timur, meliputi Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Merdeka Timur. Keempat kawasan Gedung Pertamina, meliputi Taman Perwira dan Jalan Medan Merdeka Utara. Kelima kawasan IRTI Monas meliputi Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Agus Salim.

Berikutnya di sekitar Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS), Istana Wakil Presiden (Wapres), traffic light Alia, dan Tugu Tani. Terakhir di Kompleks Balai Kota, Gedung DPRD DKI dan Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Menurut Hidayatullah, para personel Satpol PP melakukan apel pada pukul 13.00 WIB, setelah itu melakukan penjagaan hingga malam hari.

Prosesi pelantikan Gubernur-Wagub terpilih, Anies-Sandi dijadwalkan berlangsung pukul 16.00 WIB di Kompleks Istana Kepresidan. Setelah itu akan dilakukan serah terima jabatan (sertijab) di Balai Agung. (Pemprov DKI)