1 Desember Maserati Peringati Ulang Tahun ke-100

plakat maserati 100 tahun

maiwanews – Seratus tahun lalu, 1 Desember 1914, 3 bersaudara, Alfieri Maserati, Ettore, dan Ernesto memulai usaha bidang otomotif dengan membuka bengkel mobil di via de’ Pepoli 1A, di jantung kota Bologna. Saat memulai usaha bengkel mobil, tidak langsung mereka mendaftarkan ke pihak berwenang.

Surat registrasi bisnis diajukan sepuluh hari kemudian di dekat Palazzo della Mercanzia, dimana rumah Chamber of Commerce Bologna sekarang berada. Pendaftaran surat tersebut diterima dan di registrasikan empat hari setelahnya. Ini adalah awal permulaan sejarah Maserati, berbasis di Bologna sampai 1939 sebelum berpusat di Modena dan meluncurkan mobil-mobil berkecepatan tinggi ke jalan di seluruh dunia sampai pada saat ini.

Sebuah plakat, diletakkan oleh Dewan Kota Bologna bekerjasama dengan Maserati, untuk selalu mengingat sebuah lokakarya bersejarah pertama Bologna oleh Maserati bersaudara. Pada plakat tersebut disebutkan “Società Anonima Officine Alfieri Maserati” didirikan di gedung tersebut pada 1 Desember 1914 berkat kejeniusan dan pekerjaan dari Alfieri dan saudaranya.

Terkait peringatan 100 tahun Maserati, Harald Wester, CEO Maserati, mengatakan tahun 2014 tidak saja merupakan ulang tahun ke-100, tapi juga merupakan tahun dimana Quattroporte di Cina dan Ghibli di Amerika telah mengalahkan semua rekor penjualan sebelumnya.

Carlo Maserati, anak laki-laki Ettore, menyatakan, “100 tahun telah berlalu sejak Paman Alfieri menciptakan Societa Anonima Officine Alfieri Maserati. Sekarang sudah 116 tahun sejak tahun 1898, ketika kakak sulungnya Carlo, berusia 17 tahun, membangun sepeda motor dilengkapi dengan mesin yang telah dirancang dan dibangun sendiri di rumah, sebuah peristiwa yang menyenangkan saudara-saudaranya dan mengilhami mereka untuk mengikuti teladannya”.

1 Desember 2014 menandai tepat 100 tahun sejak berdirinya, tapi perayaan Centennial Maserati sudah dimulai setahun lalu, dengan peristiwa penting internasional yang melibatkan pelanggan dan penggemar di seluruh dunia, serta seluruh jaringan penjualan. Selama tahun ini, Maserati telah menjadi “Tamu Kehormatan” di sejumlah acara otomotif paling bergengsi di dunia, termasuk Villa D’Este Concours d’Elegance, Goodwood Festival of Speed di Inggris dan Pebble Beach Concours d’Elegance di acara the Monterey Car Week di California.

Maserati juga dipilih sebagai tamu kehormatan untuk secara resmi membuka tahunan parade Columbus Day ke-70 di New York Oktober lalu.

Perayaan memuncak dalam Pertemuan Internasional, yang dimulai di Bologna pada bulan September: pameran, parade, kompetisi, sesi latihan track, tur dari dua pabrik Maserati di Modena dan Grugliasco dan Concours d’Elegance, dengan lebih dari 200 mobil dan lebih dari 500 orang dari seluruh dunia mengambil bagian. Di antara mobil-mobil yang berpartisipasi, beberapa tiba langsung dari Beijing, dikendarai langsung sejauh 13.500 kilometer dari Asia dan Rusia dan melewati pusat ibukota Eropa dalam perjalanan mereka ke Modena. Pertemuan Maserati Centennial juga menerima penghargaan yang didambakan beberapa hari yang lalu, “Tour of the Year” yang diberi nama oleh para juri dari “International bersejarah Motoring Awards 2014”. (m013)

Selesai