52 Hari Keliling Asia, KRI Dewaruci Tiba di Tanah Air

kri-dewaruciSurabaya, maiwanews – Setelah 52 hari mengelilingi Wilayah Asia, Kapal Latih TNI AL KRI Dewaruci tiba kembali di tanah air, Jum’at 26 Agustus 2011. Kedatangan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut saat ini disambut para Pangkotama Wilayah Timur.

Penyambutan di Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya, dihadiri Pangarmatim Laksamana Muda TNI Bambang Suwarto, Gubernur AAL Laksda TNI Ade Supandi, SE., didampingi Calon Penggantinya Laksma TNI Agus Purwoto, Ketua PD Jalasenastri Armatim Ny. Bambang Suwarto, Ibu Asuh Kadet AAL Ny. Ade Supandi dan para Pangkotama lainnya serta pejabat teras AAL.

Kapal dengan Komandan Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto dan membawa 85 Kadet AAL serta 82 ABK ini dalam pelayarannya telah menyinggahi beberapa Negara diantaranya Manila (Filipina), Guangzhou (China), dan Bangkok (Thailand).

Pelayaran sejauh 11.453,4 kilometer dengan rute Surabaya Bitung (Sulut) – Manila (Filipina) – Guangzhou (China) – Bangkok (Thailand) – Batam (Kepri) – Surabaya ini memiliki tujuan dan misi melaksanakan praktek pelayaran astronomi dan pelajaran profesi dasar Matra Laut utamanya Kadet Tingkat III Korps Pelaut, Tehnik, Elektronika, dan Suplai. Disamping itu juga melaksanakan misi diplomasi dan meningkatkan persahabatan menunjukkan keramahtamahan Indonesia pada Negara-Negara yang disinggahi.

Saat menginjakkan kakinya di dermaga Ujung Surabaya, Komandan Satgas yang juga Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto mendapat kalungan bunga dari Pangarmatim Laksamana Muda TNI Bambang Suwarto. Sementara Kadet AAL mendapat kalungan bunga dari Ibu Asuh Kadet AAL NY. Ade Supandi.