Akhirnya Resmi Ditahan KPK, Choel Mallarangeng Malah Bersyukur

maiwanews – Empat kali perpanjangan pencegahan ke luar negeri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya resmi menahan tersangka korupsi Andi Zulkarnain Mallarangeng atau Choel Mallarangeng.

Namun penahanan ini justru disyukuri oleh Choel. Menurutnya, dengan penahanan ini dirinya bisa segera menjalani dan segera menghabiskan masa penahanan yang selama lima terkatung katung.

“Syukur alhamdulillah, hari ini telah diputuskan untuk memulai masa tahanan. Masa yang telah saya tunggu sekian lama,” kata Choel di hadapan wartawan di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2017).

Choel menjelaskan, dirinya sejak Januari 2016 sudah meminta ditahan dan proses hukumnya segera berlanjut ke persidangan agar dirinya dan keluarga segera ada kesempatan untuk mendapat keadilan.

Sebagaimana terungkap dalam putusan majelis hakim untuk kakaknya, Andi Alfian Mallarangeng, Choel diduga mendapatkan keuntungan sekitar Rp 4 miliar dari proyek Hambalang.

Atas kasus tersebut, Choel dijerat Pasal 2 ayat 1 dan/atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.