Alasan Merusak Lingkungan, Bupati Tolak Investor Tambang Emas

tambang emasWajo – Sulsel : Trauma dengan pengrusakan lingkungan hidup, Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru, terpaksa menolak semua investor yang akan melakukan eksplorasi tambang emas.

Penolakan untuk mengola tambang emas tersebut adalah harga mati, tapi bagi tambang lain, mantan Sekkab Wajo ini mempersilahkan investor untuk melakukan investasi di bumi kain sutra ini.

Bupati beralasan, dengan terbukanya tambang emas tersebut, akan merusak lingkungan hidup disekitarnya. Ironsnya, Bupati menganggap, beberapa kejadian, didaeah lain, penambangan emas tidak memberikan kontribusi terhadap warga sekitar, justru sebaliknya akan membawa petakan bagi warga dan lingkungan.

Selain itu, diakui Bupati, penambangan semisal emas, selain mendatangkan kerugian, baik masyarakat maupun lingkungan hidup, juga tidak memberikan kontribusi yang berarti bagi daerah, sebaliknya hanya menguntungkan investor.

Selain menyatakan menolak kehadiran investor tambang emas, Andi Burhanuddin Unru juga telah melakukan koordinasi dengan para Bupati yang daerahnya memiliki sumber daya alam khususnya pertambangan, agar juga menolak kehadiran investor untuk melakukan ekplorasi tambang di daerah bersangkutan.

Salah satunya adalah Kabupaten Sidrap yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wajo. Bupati Wajo mengakui sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Sidrap, Rusdi Masse, agar tidak melakukan eksplorasi tambang di daerah berbatasan langsung dengan Kabupaten Wajo. Menurut Bupati Wajo, jika daerah tambang itu dikelola, akan bertampak juga terhadap masyarakat dan lingkungan yang nota bene imbasnya akan dirasakan masyarakat Wajo yang berada di daerah perbatasan tersebut. (sulhayat).