Amerika Kirim Jet Tempur F-35A ke Eropa untuk Latihan

F-35A Lightning II di Idaho 8 Februari 2016 (Foto: Airman 1st Class Connor J. Marth/DoD)

maiwanews – Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS) mengirim beberapa jet tempur F-35A Lightning II pekan ini ke Eropa. Demikian pernyataan resmi kementerian pertahanan AS Jum’at 14 April. Pesawat-pesawat itu dikatakan akan melakukan latihan dalam waktu lama dengan pesawat AS dan NATO lainnya di Eropa untuk beberapa pekan.

Latihan tersebut menjadi tonggak penting dalam perkembangan program F-35, memungkinkan Angkatan Udara AS menunjukkan kemampuan operasional pesawat tempur generasi kelima. Juga membantu upaya memenuhi persyaratan basis F-35 di Eropa dimana dijadwalkan menerima pesawat empur tersebut awal 2020 nanti.

Setelah pesawat tiba di Eropa, Angkatan Udara AS di Eropa dan Komando Eropa AS akan merilis informasi tambahan tentang pelatihan F-35A Lightning II.

Pesawat F-35A merupakan jet tempur generasi kelima dengan kemampualn melakukan serangan secara presisi terhadap berbagai ancaman. Jet tempur generasi kelima tersebut dilengkapi teknologi siluman lebih canggih, lebih lincah dalam melakukan manuver, fusi sensor dan infomasi, operasi jaringan, serta masa pakai lebih panjang.

F-35 merupakan pesawat tempur multirole, dengan kemampuan melakukan misi intelijen, pengintaian, dan pengawasan baik udara-ke-udara (dogfight) maupun udara-ke-darat. F-35 menggabungkan kemampuan pesawat siluman, kecepatan, kelincahan, sensor terintegrasi, operasi jaringan, serta fitur-fitur lainnya.

F-35A merupakan salah satu dari tiga varian F-35. Dua varian lainnya adalah F-35B dan F-35C. F-35A dirancang untuk beroperasi dari landasan pacu konvensional, F-35B mampu lepas landas jarak pendek dan mendarat vertikal, dan F-35C dirancang untuk catapult launches.