Amien Rais Penentu Siapa Ketua Umum PAN Periode Mendatang?

hatta-zulkifli-drajat-maiwanewsmaiwanews – Menjelang Kongres Partai Amanat Nasional (PAN), sejumlah nama sudah sudah bermunculan yang diprediksi akan ikut meramaikan perebutan posisi Ketua Umum di partai itu.

Hatta Rajasa yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum, dikabarkan ingin kembali maju menjadi orang nomor satu partai berlambang Matahari Biru, PAN. Sebagai incumbent, kekuatan Hatta di PAN tentu tidak bisa dianggap sepele.

Nama lain yang juga santer akan ikut bertarung adalah Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan. Mantan Sekjen PAN itu dinilai sebagai tokoh yang memiliki peluang besar menggantikan Hatta Rajasa di pucuk pimpinan PAN.

Selain keduanya, ada nama lain yakni Drajat Wibowo. Wakil Ketua Umum PAN ini pada Kongres PAN lalu di Batam, sempat jadi saingan Hatta Rajasa dalam memperebutkan posisi ketua umum. Sebagai sebagai pakar ekonomi, Drajat memiliki modal dukungan publik.

Namun siapakah dari calon itu yang paling berpeluang menduduki posisi puncak PAN? Seorang anggota PAN yang tak bersedia disebutkan namanya mengatakan, hingga saat ini, Amien Rais masih merupakan tokoh penentu siapa yang akan menjadi Ketua Umum PAN mendatang.

Jika klaim itu benar, maka peluang Hatta Rajasa menjadi mengecil, mengingat Amien Rais sudah mengisyaratkan setuju dengan sebuah fatsoen politik yang sering dilontarkan akhir-akhir ini bahwa jabatan ketua umum sebaiknya hanya sekali.

Benarkah begitu? Kita lihat saja di kongres yang rencananya digelar antara Februari atau Maret 2015 mendatang. (Yulham).