Apel Bersama Wanita TNI dan Polwan, Jokowi Ucapkan Selamat Hari Kartini

Presiden Jokowi pada Apel Bersama Wanita TNI, Polwan, dan Segenap Wanita Komponen Bangsa dalam rangka Hari Kartini 2018, di Silang Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Rabu 25 April. (Foto: Setkab/Humas/Rahmat)

maiwanews – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam apel bersama anggota korps wanita TNI, Polwan, dan segenap Wanita Komponen Bangsa menyampaikan selamat memperingati hari Kartini. Apel bersama berlangsung di Silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat Rabu 25 April dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada 21 April lalu.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyebut para wanita peserta apel sebagai wanita hebat dan pemberani, tidak gentar terhadap tantangan penuh risiko, serta telah memilih profesi mulia dengan penuh pengabdian. Presiden Jokowi juga mnyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih atas sumbangsih wanita TNI dan Polwan dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara.

Peningkatan jumlah anggota korps wanita TNI dan polwan dengan proporsi semakin besar disebut sebagai hal membanggakan. Hal tersebut menunjukkan bahwa kontribusi mereka diakui dan diharapkan oleh masyarakat.

“Masyarakat Indonesia telah menyaksikan bahwa korps wanita semakin tampil di depan dalam menjalankan fungsi TNI dan Polri. Tampil di depan dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat, tampil di depan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan semakin banyak menduduki posisi-posisi strategis di TNI maupun Polri”, kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, peningkatan diraih bukan karena belas kasihan dan kuota pemerintah, melainkan karena masyarakat, pemerintah, dan negara memang membutuhkan peran wanita dalam porsi lebih besar.

Apel bersama diikuti oleh 10 ribu wanita TNI, Polwan, Bintara Wanita TNI (Kowad, Kowal, Wara), gabungan ASN dari Kementerian Lembaga, Satpol PP, Tagana, Paskibraka, Menwa, Pramuka, serta wanita komponen bangsa lainnya. Dalam Apel Bersama memperingati hari Kartini tersebut Presiden Jokowi disuguhkan berbagai atraksi seperti drama kolosal Malahayati dan Kartini berkuda, demonstrasi motor besar (motor gede/moge), dan terjun payung.

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, dan Gubernur DKI Anies Baswedan. (Setkab/DNA/RAH/EN)