Asian Games 2018: Jokowi Harapkan Sukses di Persiapan, Pelaksanaan, dan Prestasi

Wawancara Presiden Joko Widodo dengan Richard Sambera saat mengunjungi Pelatnas berkuda (equestrian) di Arthayasa Stable, Limo, Kota Depok, 6 Mei 2018. (Setpres)

maiwanews – Sebagai tuan rumah pelaksanaan Asian Games 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Indonesia tidak hanya sukses d persiapan, tapi juga pada pelaksanaan dan prestasi. Dalam keterangan persnya Senin 7 Mei, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudi, ajang kompetisi olahraga tertinggi di Asia ini merupakan momentum terbaik untuk mempromosikan Indonesia di mata dunia.

Asian Games ke-18 tahun 2018 rencananya dibuka resmi pada 18 Agustus mendatang dengan mempertandingkan 40 cabang olahraga (cabor) diikuti atlet dari 45 negara. Indonesia dikatakan akan menjadi perhatian selama penyelenggaraan berlangsung. Mengingat pentingnya event ini, Presiden Jokowi bahkan turun tangan langsung mempromosikan alam beberapa kunjungannya belakangan ini.

Dalam sebuah kesempatan saat menemui para atlet Pelatnas berkuda di Arthayasa Stable, Kota Depok, Minggu 6 Mei, Presiden Jokowi berbincang dengan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden bersama Richard Sambera, mantan perenang putra Indonesia.

Menurut Presiden Jokowi dalam wawancara tersebut Presiden Jokowi menegaskan semua perlu dilihat dan dikontrol karena kita akan menggelar Asian Games ke-18. Perlu persiapan, kesuksesan dimulai dari bagaimana kita mempersiapkan. Karena itu Presiden Jokowi mengecek venue untuk kesuksesan penyelenggaraan dan mengecek persiapan atlet untuk mencapai prestasi nantinya.

“Saya ingin melihat lapangannya seperti sekarang ini kita lihat, latihan untuk berkuda di Arthayasa, di Depok. Latihannya terus sehingga kita harapkan nanti kita dapat emas dari sini”, kata Presiden Jokowi.

RI 1 juga melakukan pengecekan setelah mendapatkan informasi bahwa 92 persen persiapan venue sudah selesai. Persiapan para atlet juga sudah berjalan. Diharapkan nanti tidak hanya sukses persiapan, tetapi juga sukses pelaksanaan dan prestasi.

Asian Games 2018 ini harus sudah hangat, harus panas, dan nanti menjadi sebuah demam. Karena kurang lebih 15 ribu atlet dari 45 negara akan berkumpul di Indonesia, sehingga masyarakat kita harapkan semuanya ikut berpartisipasi.

“Seluruh masyarakat, dunia usaha, kemudian pemerintah, dan pemerintah daerah semuanya harus memberikan dukungan kepada event besar karena ini menyangkut nama besar negara kita, menyangkut nama besar bangsa kita, semampu mereka”, ungkap Presiden Jokowi.

Ia mencontohkan, partisipasi bisa dalam bentuk pemberian diskon oleh toko, mengadakan beragam lomba baik di sekolahan, di kampung, atau di kabupaten dan kota masing-masing. Hal ini akan memberikan dukungan besar pada Asian Games 2018.

Terkait prestasi, di Asian Games 2014 Indonesia berada di ranking 17, kali ini target masuk 10 besar dengan perolehan medali kurang lebih 16 emas. (Setpres)