Australia Jepang Tingkatkan Kerjasama Pertahanan

maiwanews – Pemimpin kedua negara hari Sabtu sepakat meningkatkan kerjasama militer sebagai bagian dari upaya Jepang meningkatkan hubungan keamanan di wilayah Asia Pasifik di tengah kekhawatiran semakin meningkatnya kekuatan militer China.

Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dan rekan Australianya Malcolm Turnbull mengatakan mereka telah menandatangani kesepakatan peningkatan pertahanan setelah pembicaraan di Sydney tentang isu perdagangan dan keamanan regional.

Pemimpin kedua negara mengatakan pakta tersebut memungkinkan militer kedua negara untuk saling memberi dukungan atau bantuan logistik selama latihan. Pakta itu juga memudahkan jalan bagi Jepang dan Australia untuk melakukan latihan militer bersama. PM Turnbull mengatakan hubungan antara Australia dan Jepang semakin dekat, kuat, dan konstruktif dibanding sebelumnya.

PM Abe tiba di Sydney dari Filipina pada Jum’at 13 Januari, Australia adalah negara kedua dari rencana kunjungan ke empat negara. Di Filipina menjanjikan peluang bisnis dan investasi swasta sebesar 8,7 miliar USD, juga dijanjikan peralatan untuk memerangi terorisme.

Kunjungan ke empat negara dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan keamanan di tengah munculnya China sebagai kekuatan militer di Pasifik. Setelah Australia, PM Abe dijadwalkan mengunjungi Indonesia dan Vietnam.

Setelah pertemuan mereka, PM Abe mengatakan akan dilakukan peningkatan koordinasi mereka pada aktivitas di Laut China Selatan, wilayah ini disengketakan beberapa negara. PM Abe juga menaruh perhatian khusus terhadap ancaman nuklir oleh Korea Utara. (m013/Tasnim)