Baekuni Alias Babe Divonis Penjara Seumur Hidup

baekunimaiwanews – Terdakwa pelaku pembunuhan berantai 14 anak dengan mutilasi, Baekuni alias Babe, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Ia divonis bersalah melakukan pembunuhan berencana dan melanggar pasal 340 KUHP.

“Menjatuhi pidana seumur hidup kepada terdakwa,” kata Ketua Majelis Hakim Mahfud Syaifullah dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu 6 Oktober 2010.

Vonis terhadap pria berusia 49 tahun itu, berbeda dengan tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntutnya dengan  pidana mati.

Hal yang memberatkan terdakwa, karena ia terbukti membunuh 14 pengamen jalanan, empat korban di antaranya dimutilasi. Sementara majelis hakim menilai tidak ada hal yang meringankan.¬† “Tidak ada hal yang meringankan,” kata hakim.

Mendengar putusan itu, baik Babe maupun mengacaranya, Rangga B Rikuser, menyatakan menerima, sementara jaksa menyatakan pikir-pikir.

Seperti diketahui, sejak 1993, Babe telah telah melakukan serangkaian pembunuhan secara berantai disertai dengan sodomi dan memutilasi beberapa korbannya.

Perbuatan Babe itu dinilai telah meresahkan masyarakat dan di luar batas peri kemanusiaan. Perbuatan bejad Baekuni itu juga dinilai membahayakan anak kecil.

Atas perbuatannya, jaksa penuntut umum yakin, terdakwa telah melakukan pembunuhan sebanyak 14 kali kepada anak-anak dengan pola yang sama.