Bamsoet: Masih Banyak yang Besar, KPK Jangan Hanya OTT Korupsi Kecil

maiwanews – Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menuntaskan sejumlah tunggakan kasus-kasus korupsi skala besar yang jadi perhatian publik.

Bamsoet mengapresiasi kinerja KPK yang semakin membaik, namun tidak boleh melupakan kasus-kasus korupsi besar seperti skandal bailout Bank Century, BLBI, pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras dan proyek Hambalang.

“Harapan kami OTT boleh saja, tetapi juga harus korupsi yang besar. Jangan  yang kecil saja,” kata Bamsoet. dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi III DPR dengan KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Bamsoet menjelaskan, berdasar catatan Komisi III DPR, sepanjang 2016 ada 96 penyelidikan korupsi yang dilakukan KPK. 77 perkara diantaranya kata dia, sudah di tahap penuntutan ada 77, 81 perkara sudah sampai tahap vonis, dan 81 perkara sudah dieksekusi.

Masih sepanjang 2016 sambung politisi Partai Golkar ini, KPK tercatat telah melakukan 17 operasi tangkap tangan (OTT) dan menjerat lebih dari 50 tersangka.

Namun sekali lagi Bamsoet mengingatkan KPK agar tidak hanya fokus pada kasus korupsi kecil, termasuk dalam OTT. Bamsoet berharap KPK juga segera menuntaskan sejumlah utang kasus koprupsi besar tersebut pada tahun 2017 ini.