Basarnas: Operasi Pencarian dan Pertolongan AirAsia Terus Berlanjut

soelistyomaiwanews – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Mdya FHB Soelistyo meyakinkan, operasi pencarian dan pertolongan jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 terus berlanjut.

Hal itu diungkapkan Soelistyo menanggapi kekhawatiran para keluarga korban AirAsia yang  menyusul keputusan TNI menarik pasukannya dari Tim SAR Gabungan AirAsia.

“Saya tegaskan di sini, operasi pencarian tetap berlanjut. Sekali lagi tetap berlanjut,” kata FHB Slistyo kepada wartawan, di kantornya, Jl Angkasa, Kebayoran, Jakarta, Rabu (28/1/2015)

Soelistyo mengatakan, meskipun TNI telah menarik pasukannya dari operasi AirAsia, dirinya sebagai koordinator im SAR Gabungan menjamin oerasi pencarian terus berlanjut.

Penarikan itu kata Soelistyo, telah dikoordinasikan sebelumnya dengan Basarnas. Untuk itu kata Soelistyo, dirinya mengucapkan terimakasih kepada TNI yang telah membantu melakukan pencarian dan pertolongan AirAsia.

Menurutnya, kekuatan Basarnas masih memadai dalam melakukan operasi lanjutan untuk mencari para korban AirAsia yang diperkirakan masih terjebak di dalam badan pesawat.

Hingga saat ini, jenazah korban AirAsia yang telah ditemukan sebanyak 70. Dengan demikian, masih sebanyak 92 korban yang masih dicari.

Sebelumnya, sejumlah keluarga dari korban yang belum berhasil ditemukan mengungkapkan keresahannya atas penarikan pasukan TNI dari daerah operasi AirAsia. Dengan cara urunan biaya, mereka bahkan menyatakan bersedia mencari sendiri keluarga mereka.