Aksi Bela Islam III, Jutaan Orang Padati Aksi Super Damai 212 di Jakarta

maiwanews – Aksi Bela Islam Jilid III yang digelar dalam Aksi Super Damai 212, diikuti jutaan ummat Islam yang datang berbagai kota di tanah air termasuk Jakarta sendiri.

Aksi yang ditandai dengan doa, zikir dan shalat Jumat, dipusatkan di Monumen Nasional (Monas). Namun karena massa yang luar biasa besar, jalan-jalan sekitar Monas juga dipadati massa.

Massa sudah memenuhi kawasan Monas sejak pagi hari. Menunggu waktu masuk shalat Jumat, para tokoh Islam diantaranya Ustazs Arifin Ilham dan KH. Abdullah Gynastiar atau Aa’ Gym bergantian menyampaikan ceramah maupun doa.

Hujan deras yang turun sesaat sebelum pelaksanaan shalat Jumat sama sekali tidak mengganggu peserta Super Damai. Bahkan hujan dimaknai sebagai berkah yang menyejukkan dan menenangkan hati.

Secara teknis hujan deras justru sangat membantu jutaan jamaah berwudhu di tempat tanpa harus bergeser ke kran-kran yang sudah disiapkan sebelumnya.

Secara keseluruhan, Aksi Super Damai 212 belangsung benar-benar sangat damai meskipun dihadiri jutaan ummat Islam yang datang dari berbagai penjuru tanah air.

Ada yang menyebut jumlah peserta Aksi 212 sebanyak 5 juta, bahkan lebih 7 juta. Perkiraan itu cukup beralasan mengingat aksi itu ekornya bukan hanya sampai ke Jalan Sudirman-Thamrin hingga Bunderan HI, tapi juga hingga Mesjid Istiqlal bahkan Cempaka Putih dan juga kawasan Patung Tani.

“Shaf yang paling akhir di belakang, arah ke timur itu sampai lewat Senen ke Cempaka Putih, sementara shaf sayap kanan ke barat daya itu sampai ke Bundaran HI,” kata Ketua Dewan Pembina Gerakan Nasional Pembela Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Habib Rizieq Shihab.

Klaim itu diperkuat oleh hasil foto Google Maps yang menunjukkan bahwa kepadatan Aksi Super Damai 212 lebih dari 2 kali lipat dari peserta Aksi 411 yang sebelumnya disebut dihadiri 3,2 juta orang.

Melalui sejumlah media nasional maupun media luar negeri yang tanpa malu-malu mengapresiasi aksi dengan massa fantastis dan belum pernah terjadi di tanah air itu, Aksi Super Damai mendapat pujian dunia international.