“Car Free Night” dan Pangung Hiburan Sudirman Thamrin Batal

maiwanews – Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengadakan Car Free Night (CFN) dibatalkan. Panggung hiburan rakyat di jalan Sudirman dan Jalan Thamrin juga dibatalkan. Tadinya CFN dan panggung hiburan di kawasan Sudirman Thamrin akan diadakan untuk menyambut malam pergantian tahun.

Pemprov DKI kemudian membatalkan rencana tersebut, namun panggung hiburan di tiap wilayah kota tetap diadakan.

Karena pembatalan itu Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan kawasan Sudirman Thamrin dan Monas diberlakukan seperi biasa, tidak ada penutupan dan rekayasa lalu lintas.

“Car free night dibatalkan dan panggung hiburan dipindahkan ke lima wilayah kota,” kata Catur Laswanto, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, di Balai Kota DKI, Sabtu 31 Desember sebagaimana dikutip laman Pemprov DKI beritajakarta.com.

Pembatalan CFN dan panggung hiburan di Sudirman Thamrin dilakukan mengingat kondisi wilayah itu rawan terjadi kemacetan.Catur mengatakan keputusan untuk memindahkan panggung hiburan ke wilayah kota setelah Pemprov DKI Jakarta melakukan kajian mendalam. Pemprov juga memperhatikan hasil koordinasi dengan instansi terkait khususnya Polda Metro Jaya.

Saat ini sedang ada proyek pembangunan MRT di sepanjang Jalur Sudirman-MH Thamrin, serta pembangunan jalan layang Susun Semanggi. Kondisi tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan terjadinya kemacetan. Pembatalan juga merupakan langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, karena kontruksi dan hal-hal lainnya.

“Kami sepakat memindahkan ke lima wilayah kota dengan mengedepankan prinsip kesederhanaan. Artinya masyarakat bisa mengunjungi tempat hiburan dengan mudah tidak perlu mengalami kemacetan”, kata Catur.

Adapun panggun di wilayah kota diadakan di titik berikut: Jakarta Pusat ada di Lapangan Arcici Rawasari, depan Museum Prasasti, Lenggang Jakarta Kemayoran, Kantor Kecamatan Sawah Besar, halaman Kantor Kecamatan Kelurahan Cempaka Putih Barat dan halaman Kantor Kelurahan Menteng.

Jakarta Timur ada di Kantor Wali Kota Jakarta Timur dan 10 Kantor Kecamatan. Sementara di Jakarta Selatan berada di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan dan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa.

Jakarta Utara ada di Stadion Rawa Badak Selatan, La Piazza Kelapa Gading dan RPTRA Sungai Bambu. Di Jakarta Barat berada di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Lapangan Bola Romsel Palmerah serta Kawasan Wisata Kota Tua.

“Kepada masyarakat Catur menghimbau untuk menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh Wilayah DKI Jakarta.(*)