China Protes Rencana AS Jual Alat Perang ke Taiwan

maiwanews – Pemerintah China dalam sebuah pernyataan mengajukan protes terhadap rencana Amerika serikat (AS) menjual peralatan perang ke Taiwan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, Selasa 25 September di Beijing mengatakan rencana Washington menjual suku cadang untuk jet tempur F-16, pesawat kargo C-130, dan pesawat militer lainnya ke Taipei melanggar hukum internasional.

Malam pernyataannya Geng Shuang pemerintah Amerika di bawah kepemimpinan Presiden Donald John Trump membatalkan kesepakatannya dengan Taiwan. Menurut Geng, kesepakatan itu akan merusak hubungan bilateral China-Amerika, juga mengganggu stabilitas di Selat Taiwan, serta berakibat pada kerjasama kedua negara pada bidang-bidang lainnya.

Hari Senin lalu Pentagon menyatakan Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui kemungkinan penjualan ke Taiwan suku cadang untuk pesawat tempur F-16 dan pesawat militer lainnya senilai hingga $ 330 juta.

Pentagon mengatakan rencana penjualan diperlukan untuk mempertahankan armada pertahanan dan udara Taiwan, dan tidak akan mengubah keseimbangan militer di wilayah tersebut.

Kantor kepresidenan Taiwan menyambut baik kesepakatan itu dan menyatakan terima kasih kepada AS. Pihak Taiwan juga berjanji akan terus mempertahankan komunikasi erat dan kerjasama dengan Washington dalam berbagai isu keamanan. (BBG Direct/VoA/ab/uh)