ConocoPhillips Menang Arbitrase Lawan Perusahaan Minyak Venezuela

Ilustrasi. (Foto: snowing)

maiwanews – ConocoPhillips mengumumkan kemenangan senilai USD2.04 miliar melawan perusahaan minyak milik pemerintah Venezuela, Petroleos de Venezuela, SA (PDVSA) dan dua anak perusahaannya. Keputusan pengadilan arbitrase internasional itu muncul dari kontrak ConocoPhillips dengan entitas-entitas itu dan sebagai tanggapan atas pengambilalihan investasi ConocoPhillips dalam proyek minyak mentah berat Hamaca dan Petrozuata di Venezuela pada 2007 dan tindakan fiskal pra-pengambilalihan lainnya.

Perusahaan berbasis di Houston menjelaskan bahwa pengadilan internasional dibentuk berdasarkan peraturan Kamar Dagang Internasional (International Chamber of Commerce / ICC).

“Kami senang dengan keputusan pengadilan ICC”, kata Janet Langford Carrig, wakil presiden senior, penasihat hukum, umum dan sekretaris perusahaan ConocoPhillips dalam pernyataan persnya Rabu 25 April.

“Putusan itu menjunjung tinggi perlindungan kontraktual dimana ConocoPhillips berhak atas perjanjian yang berlaku dan mengakui tanggung jawab kontraktual independen PDVSA yang timbul dari pengambilalihan ilegal pemerintah Venezuela dan tanpa kompensasi tanpa aturan terhadap investasi ConocoPhillips”. Putusan arbitrase International Chamber of Commerce (ICC) dikatakan bersifat final dan mengikat para pihak.

Arbitrase ICC adalah tindakan hukum independen dan terpisah dari perjanjian investasi ConocoPhillips terhadap pemerintah Venezuela. Sementara pengadilan International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID) Bank Dunia telah memutuskan bahwa pengambilalihan Venezuela atas investasi ConocoPhillips melanggar hukum internasional, dan prosesnya saat ini sedang berlangsung untuk menentukan jumlah kompensasi yang dibayarkan kepada ConocoPhillips. (ConocoPhillips)