Dalam Upaya Angkat Badan AirAsia, Tim SAR Evakuasi Lagi 4 Jenazah

evakuasi-korban-airasia-maiwanewsmaiwanews – Dalam upaya mengangkat badan pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar laut Selat Karimata, Tim SAR berhasil mengevakuasi 4 jenazah pada Sabtu (24/1/2015).

Keempat jenazah itu ikut mengapung saat flooting bag yang digunakan mengangkat badan pesawat sudah muncul ke permukaan laut.

Meskipun pengangkatan itu gagal setelah tali yang digunakan putus dan badan pesawat kembali jatuh ke dasar laut, 11 tim penyelam gabungan TNI AL berhasil mengevakuasi jenazah dengan menggunakan perahu karet dan Sea Raider serta peralatan Dishidros sekitar pukul 05.00 WIB.

Kapuspen TNI, Mayjen TNI M Fuad Basya dalam keterangan persnya mengatakan, proses pengapungan dilakukan oleh Kapal Crest Onyx dimana badan pesawat rencananya juga akan diangkat ke kapal milik SKK Migas tersebut, untuk diserahkan kepada KNKT.

Empat jenazah yang telah berhasil dievakuasi oleh KN Pacitan kata Fuad, dievakuasi ke geladak KRI Banda Aceh untuk selanjutnya dibawa dengan pesawat Helikopter Bell milik TNI AL dan Dolphin milik Basarnas ke Lanud Iskandar Pangkalan Bun.

“Seperti pada penemuan jenazah korban AirAsia sebelumnya, dari Pangkalan Bun jenazah dibawa ke RS Sultan Imanuddin guna dirawat dan dimasukkan peti jenazah yang selanjutkan akan dibawa ke Surabaya untuk diserahkan kepada tim DVI,” kata Fuad.

Dengan penemuan 4 jenazah itu, berarti total 69 jenazah korban jatuhnya pesawat AirAsia yang telah berhasil dievakuasi.