Dampak sanksi Terhadap Iran, Harga Minyak Dunia Bisa Tembus $100 Per Barel

maiwanews – Harga minyak dunia bisa bisa naik hingga menembus angka $100 per barel pada akhir tahun ini atau awal 2019. Hal ini karena dampak sanksi terhadap Iran. Demikian disampaikan pelaku usaha bidang perminyakan dari perusahaan Trafigura dan Mercuria, Senin 24 September.

Sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran memyebabkan berkurangnya ekspor negera tersebut sehingga mengurangi pasokan minyak mentah di pasaran. Hampir 2 juta barel pasokan berkurang setiap hari dalam kurun waktu kuartal keempat tahun ini. Kekurangan pasokan sebanyak itu berpotensi mendorong harga minyak hingga $100 per barel.

Washington telah menerapkan sanksi finansial terhadap Iran dan berencana menyasar ekspor minyak negara itu pada 4 November. Menyikapi hal tersebut negara-negara memangkas impor minyak mentah Iran.

Menurut kepala perdagangan minyak Trafigura, Ben Luckock, seiring makin ketatnya pasokan di pasar, harga minyak berpotensi menyentuh harga $90 per barel pada liburan Natal tahun ini dan naik menjadi $100 per barel saat Tahun Baru.

Harga minyak jenis Brent sudah mengalami kenaikan sejak awal 2017, saat Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) bersama dengan Rusia, mulai menahan produksi.

Mei 2018 lalu Presiden AS Donald Trump menarik AS dari kesepakatan nuklir internasional dengan Iran, Presiden Trump juga mengumumkan sanksi terhadap Iran. Amerika mendorong sekutunya untuk menghentikan impor minyak Iran dan akan memberlakukan sanksi babak baru atas penjualan minyak Iran pada November.

Menjawab sanksi Amerika, seorang diplomat senior Iran, Mohammad Barkindo, dalam pertemuan dengan Sekretaris Jenderal (Sekjend) OPEC, mendesak organisasi itu agar tidak terlibat dalam urusan politik.

“Tidak ada negara yang boleh mengambil alih pangsa produksi dan ekspor minyak anggota lainnya dalam situasi apapun, dan konferensi para menteri OPEC tidak mengeluarkan izin untuk itu,” kata Menteri Perminyakan Iran Kazem Gharibabadi sebagaimana dikutip kantor berita Iran, SHANA. (BBG Direct/VoA/vp/ft/ps/al)