maiwanews logo maiwanews
Rabu, 30 Juni 2010
admin


Data Jumlah Penduduk Indonesia Berdasarkan Hasil Sensus Tahun 2000

Jumlah Penduduk

Berdasarkan hasil pencacahan Sensus Penduduk 2000, jumlah penduduk Indonesia pada tanggal 30 Juni 2000 adalah 206 264 595 orang. Jumlah ini sudah termasuk estimasi penduduk sebanyak 2 317 216 orang dan non response sebanyak 2 283 981 orang. Jumlah ini juga mencakup penduduk yang tidak bertempat tinggal tetap (tuna wisma, awak kapal, penghuni perahu/rumah apung, masyarakat terpencil dan pengungsi) sebanyak 421 399 orang.

Estimasi penduduk dilakukan pada beberapa wilayah di sebagian propinsi seperti: Nanggroe Aceh Darussalam, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara dan Papua. Di sepuluh kabupaten/kota di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam ada wilayah yang diestimasi penduduknya kecuali Kabupaten Simeulue, Kabupaten Aceh Tenggara dan Kota Sabang. Bahkan seluruh wilayah di Kabupaten Pidie jumlah penduduknya merupakan angka estimasi. Pencacahan di Kabupaten Pidie tidak dapat dilaksanakan sama sekali karena adanya kerusuhan. Keputusan ini terpaksa dilakukan demi keamanan warga juga petugas sensus.

Estimasi penduduk di Propinsi Sulawesi Tengah hanya dilakukan di Kabupaten Poso untuk Kecamatan Poso Pesisir dan Kecamatan Poso Kota. Estimasi penduduk untuk propinsi Maluku hanya dilakukan untuk Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Ambon, sementara di Propinsi Maluku Utara, estimasi dilakukan di ketiga kabupaten/kota terutama Kabupaten Maluku Utara. Lima kabupaten/kota di Propinsi Papua juga dilakukan estimasi penduduk, seperti di Kabupaten Merauke, Kabupaten Yapen Waropen, Kabupaten Biak Numfor, Kota Jayapura dan Kota Sorong. Sementara itu, penduduk yang non-respon dapat ditemui di hampir seluruh propinsi di Indonesia kecuali di Propinsi Jambi dan Jawa Timur. Laju Pertumbuhan Penduduk Indonesia (bps.go.id)


ARTIKEL LAINNYA

Dapat 2 Medali Emas, Indonesia Masih di Bawah Malaysia dan Thailand
Tekad Koalisi Merah Putih, Indonesia Kembali ke Pancasila dan UUD 1945
Semen Indonesia Salurkan Bantuan Rp 1,2 Miliar
Pabrik Semen Indonesia di Tuban Hemat Listrik Rp.120 miliar
Debat Capres, Jokowi: Indonesia Tak Terkait Konflik Laut China Selatan
Raih The Best Indonesia Green Awards 2014
Daftar Perolehan Kursi DPR-RI Hasil Pemilu 2014
Penanganan Masalah Hukum, SI Kerjasama dengan Jaksa Agung

Politik Uang Suburkan Korupsi

cover2 300



free counters