Debat Pilgub, Emrus Beri Tips Raih Simpati

maiwanews – Pengamat Komunikasi Politik sekaligus Direktur EmrusCorner memberi tips bagi calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) beserta tim sukses masing-masing tentang bagaimna meraih simpati dalam debat pemilihan gubernur (pilgub).

Menurut Emrus, peserta debat harus produktif bagi penonton maupun pemirsa jika debat dilakukan di televisi. Menawarkn program, pembiayaan, dan interval waktu secara terukur dan rasional. Dalam berdebat, Emrus menyarankan dilakukan secara elegan, misalnya tidak merendahkan.

Namun jika ingin mengungkap kelemahan pasangan lawan, harus disertai dengan fakta dan data. Mengungkap kelemahan pasangan lainnya dikatakan merupakan salah satu strategi pertahanan. Peserta debat sangat disarankan untuk tidak tergiring pada kekuatan lawan.

Lebih lanjut dikatakan, pandangan lawan sebisanya ditarik ke medan gagasan pasangan kita. Dalam debat juga perlu menguasai panggung debat dengan mengelola lambang non verbal. Tidak boleh tampak dalam posisi tertekan.

Gaya berdiri juga harus powerfull, tepat dalam pemilihan kata, dan mampu mengelola intonasi serta tekanan suara. Terakhir, peserta debat disarankan memandang penonton dengan simpati.

Berdasarkan jadwal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat cagub cawagub hari ini pukul 20.00 WIB dengan tema sosial ekonomi, pendidikan, keamanan, lingkungan dan transportasi. (m011)

BERITA LAINNYA

.