Dilantik, Jokowi-Ahok Kini Gubernur & Wagub DKI Jakarta

maiwanews – Setelah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi atas nama Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kini resmi menduduki jabatan masing-masing sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta periode 2012-2017

Prosesi pelantikan berlangsung dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD DKI Jakarta di gedung DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakarta, Senin (15/10/2012). Pelantikan yang dimulai sekitar pukul 10.10 hingga 11.00 WIB tersebut, berlangsung lebih cepat dari yang direncanakan sebelumnya.

Hadir dalam acara pelantikan ini antara lain mantan Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri didampingi putrinya yang juga Ketua DP PDI Perjuangan Puan maharani, Mantan Gubernur DKi Jakarta Sutiyoso, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wagub Banten Rano Karnodan sejumlah tokoh lainnya.

Fauzi Bowo dan Prijanto yang sebelumnya merupakan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2008-2012, juga hadir dalam pelantikan ini sekaligus mengikuti prosesi penyerahkan memori jabatan kepada pejabat baru, Jokowi-Ahok.

Pelantikan dirangkaikan dengan pengambilan sumpah masing-masing oleh Jokowi dengan tata cara agama Islam dan Ahok dengan tata cara agama Kristen Protestan.

Selain pelantikan dan penyerahan memori jabatan dar pejabat lama ke pejabat baru, juga dilakukan penandatangan pakta integritas. Usai prosesi dilaksanakan, ahir acara ditandai dengan pemberian ucapan selamat kepada pasangan Jokowi-Ahok dari seluruh yang hadir.

Di luar gedung DPRD DKI Jakarta, ribuan warga masyarakat Jakarta berkumpul dalam rangka ikut bersuka cita menyambut pelantikan Jokowi-Ahok, pasangan yang pada masa kampanye sebelumnya mengusung jargon “Jakarta Baru”.