Dirjen Bea Cukai: KTP-el Palsu yang Disita di Soekarno-Hatta Hanya Puluhan

maiwanews – Beredar kabar bahwa Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta menyita 450 ribu KTP elektronik palsu yang dikirim dari Kamboja. Bahkan disebutkan, kiriman KTP tersebut ditujukan ke salah seorang kerabat dekat Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Namun kepada Komisi II DPR RI, Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi mengkonfirmasi bahwa KTP palsu yang ditemumkan pada Jumat tanggal 3 Februari 2017 itu jumlahnya hanya puluhan.

“Pada hari Jumat tanggal 3 Februari 2017 didapati pengiriman barang melalui Fedex berupa 36 lembar KTP, 32 lembar kartu NPWP, satu buku tabungan, dan satu buah kartu ATM,” kata Heru dalam keterangan persnya, Kamis (9/2/2017).

Heru menjelaskan, penemuan itu berdasarkan pemeriksaan rutin atas dokumen maupun fisik barang dengan menggunakan alat bantu Xray yang dilakukan bersama dengan petugas FedEx.

Namun Heru tidak menjelaskan pihak pengirim maupun pihak penerima barang yang diduga akan digunakan untuk Pilkada DKI pada tanggal 15 Februari itu.

Sebelumnya, rombongan Komisi II DPR melakukan sidak ke Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, untuk memastikan adanya E-KTP atau KTP elektronik palsu yang dikirim dari Vietnam.

Sementara anggota Komisi II DPR Ahmad Baidowi mengatakan bahwa sebelumnya ada juga pengiriman KTP-el palsu dari Tiongkok dan Perancis.

Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz mengatakan, kalau benar temuan KTP palsu tersebut, akan sangat membahayakan keberlangsungan Pilkada DKI.

BERITA LAINNYA

.