Dituduh Korupsi Dana Hibah Kadin, La Nyalla Mattalitti Divonis Bebas

maiwanews – Dituduh korupsi dana hibah Kadin Jawa Timur periode 2011-2014, mantan Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti divonis bebas oleh majelis hakim dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (27/12/2016) siang.

“Pertama, Menyatakan La Nyalla Mattalitti tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan primer maupun subsider,” ujar Ketua Majelis Hakim Sumpeno saat membacakan putusannya.

Selain kata Sumpeno, majelis hakim membebaskan La Nyalla Mahmud Mattalitti dari dakwaan tersebut di atas dan memerintahkan agar terdakwa La Nyalla Mattalitti segera dikeluarkan dari tahanan.

“Keempat, memulihkan hak terdakwa La Nyalla Mattalitti dalam kemampuan, kedudukan, harkat, serta martabat,” kata Sumpeno lagi.

Seperti diketahui, La Nyalla didakwa menyalahgunakan wewenang dalam penggunaan dana hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2011 hingga 2014 dan dituntut 6 tahun penjara oleh Jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Sebelum diproses di pengadilan, tiga La Nyalla menang di sidang praperadilan, namun sebanyak itu pula jaksa menetapkan kembali mantan Pemuda Pancasila Jawa Timur itu sebagai tersangka.

Sejumlah pihak yang menduga bahwa penetapan tersangka La Nyalla yang unik itu, terkait dengan jabatan yang disandangnya ketika itu yakni sebagai Ketua Umum PSSI.