Fraksi PKS, Demokrat, Gerindra, dan PAN Dukung Hak Angket ‘Ahok Gate’

maiwanews – Empat fraksi di DPR mendukung pengajuan hak angket atas pengangkatan kembali Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta usai cuti kampanye Pilkada.

‘Kami empat fraksi merasa perlu mengajukan angket, tentang pengaktifan kembali Ahok sebagai gubernur DKI Jakarta,” kata Fandi Utomo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (13/2).

Empat fraksi tersebut yakni PKS, Demokrat, Gerindra, dan PAN selanjutnya menyerahkan usulan angket ke pimpinan DPR untuk diteruskan ke tahapan selanjutnya.

Selain didukung empat fraksi, pengajuan hak angket yang dinisiasi Fraksi Gerindra ini sudah didukung 90 anggota DPR terdiri dari 22 orang dari FRaksi Gerindra, Demokrat sebanyak 42 orang, PAN 10 orang, dan PKS sebanyak 16 anggota.

Anggota fraksi PAN Yandri Susanto mengatakan, dua kesalahan fatal dalam pelantikan Ahok yakni Ahok dilantik pada Sabtu (11/2) saat masih dalam masa kampanye dan Ahok diaktifkan kembali saat dirinya masih dalam status terdakwa.

“Ini ketidakadilan hukum. Karena itu kami sudah bersepakat untuk mengusulkan hak angket,” tegas mantan Ketua Umum BM PAN ini.

 

BERITA LAINNYA

.