Fraksi PKS, PPP, Gerindra, dan PKB DKI Jakarta Lakukan Aksi Boikot Pada Ahok

maiwanews – Empat fraksi di DPRD DKI Jakarta melakukan aksi boikot di Gedung DPRD terhadap kembalinya Basuki Tjahaja Purnama Ahok menjabat Gubernur DKI Jakarta pada, Senin (13/2/2017).

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Triwisaksana mengatakan, aksi boikot ini tidak ada kaitannya dengan hak angket yang sedang bergulir di DPR. Aksi ini sebut dia, tidak ada instruksi apapun dari Pemerintah Pusat.

Triwicaksana menjelaskan, sebagai kelembagaan legislatif, DPRD akan melayangkan surat hak angket kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada Selasa (14/2) agar mendapat kejelasan soal status Ahok apakah sudah sesuai dengan UU.

Menurut Triwisaksana, pihaknya ragu dengan status gubernur yang kini kembali disandang Ahok. Dengan keraguan ini kata Triwicaksana, keempat fraksi akan minta kejelasan ke Kemendagri.

“Dengan keraguan ini, kita akan minta kejelasan ke Kemendagri,” kata Triwisaksana di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (13/2/2017).

Sementara Wakil DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra Mohamad Taufik mengatakan, selama pengangkatan Ahok sebagai gubernur DKI belum mendapat kejelasan dari Kemendagri, maka DPRD tidak akan melakukan aktivitas apapun, termasuk evaluasi pencairan anggaran 2016 dan Raperda.