FSP: Buruh dan Pengusaha Jangan “Head to Head”

maiwanews – Dalam menyelesaikan permasalah upah sebaiknya kaum buruh dan pengusaha jangan “head to head”, kedua pihak harusnya justru bersatu dalam memperjuangkan penghapusan pungli.Maraknya pungli dan korupsi menjadi penyebab terhalangnya kesempatan buruh mendapatkan kesejahteraan dari pengusaha. Hal itu disampaikan Ketua Presidium Nasional Federasi Serikat Pekerja (FSP) BUMN Bersatu kepada maiwanews 29 Januari 2012.

Pemerintah dinilai gagal memberantas pungli dan korupsi. “Sudah rahasia umum bahwa menjadi pengusaha atau mendirikan perusahaan pada saat ini sangat sulit dan berat dalam menanggung biaya siluman akibat ketidakmampuan pemerintahan SBY Budiono memberantas pungli”, kata Poyuono.

Menurutnya beberapa perda dan peratura bisa dimanfaatkan melakukan pungli, itu semua harus dibereskan pemerintah. Poyuono berharap buruh dan pengusaha bersatu mendesak pemerintah menghapus pungli dan korupsi sebagai penyebab tingginya biaya operasi dan penghalang bagi buruh dalam memperoleh kesejahteraan.