Gempa Lombok Akibatkan 30 Orang Luka, 5.286 Rumah Rusak

maiwanews – Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) diguncang gempa. Gempa dengan kekuatan 5,4 pada skala Richter tersebut menyebabkan 30 orang mengalami luka-luka dan tercatat 5.286 rumah rusak.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), guncangan gempa dirasakan III-IV MMI di Lombok, II-III MMI di Kuta, Denpasar, Gianyar, dan Karangasem Bali.

30 orang yang luka terdiri dari 5 luka berat dan 25 orang luka ringan. Sementra 5.286 rumah yang rusak tediri dari 3.243 unit rumah rusak ringan, 1.321 unit rumah rusak sedang dan 722 unit rumah rusak berat.

Kerusakan bangunan terparah terjadi di Kec.Tanjung (Ds.Teniga, Medana, Sokong, Tanjung, Tegal Maja, Jenggala), Kec.Gangga (Ds.Bentek), dan Kec. Pemenang (Ds Pemenang Timur, Sigern Panjalin) Kab.Lombok Utara Provinsi NTB.

Menrut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, gempa yang terjadi Sabtu (22/6) pukul 12.42 WIB itu, berada pada kedalaman 10 km dan berlokasi 14 km barat laut Lombok Barat.

Saat ini, BPBD beserta TNI, Polri, Tagana, PMI dan relawan telah membangun tenda pengungsi serta menyediakan dapur umum di 5 titik di 3 Kecamatan yakniKec.Tanjung (Ds.Jenggala,Dsn.Montong), Kec.Tanjung (Ds.Teniga, Dsn Dasan Tengah), Kec.Tanjung (Ds.Medana, Dsn.Gol), Gangga (Ds.Bentek), dan Pemenang (Ds.Pemenang Timur).