Gerakan Penyelamatan Sumber Daya Alam, Jokowi Panggil Pimpinan KPK

kpk-maiwanews-duamaiwanews – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memanggil para pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Istana Presiden hari ini, Senin (16/3/2015).

Pemanggilan para pimpinan KPK tersebut terkait dengan persiapan gerakan nasional penyelamatan sumber daya alam (SDA) yang akan di tandatangani oleh 29 Kementerian.

“Membicarakan persiapan gerakan Nasional penyelamatan sumber daya alam,” kata pelaksana tugas Ketua KPK Taufiquerachman Ruki di Kompleks Istana Negara Jakarta, Senin (16/3/2015).

Menurut Ruki, gerakan ini merupakan upaya pencegahan korupsi dan perbaikan tata kelola, dari sisi administrasi pemerintahan khususnya dalam penyelamatan sumber daya alam laut perkebunan dan kehutanan.

Di saat yang sama, pelaksana tugas Wakil Ketua KPK Johan Budi SP mengatakan, para pimpinan KPK akan menyampaikan inti dari program KPK untuk penyelamatan sumber daya alam, dalam hal ini termasuk mineral batubara, kelautan dan kemaritiman.

Gerakan nasional ini tambah Johan, merupakan upaya pemberantasan korupsi melalui penindakan dan pencegahan yang dilakukan secara simultan.