Getaran Gempa 5,9 SR Malang Terasa di Beberapa Daerah

maiwanews – Getaran akibat gempa berkekuatan 5,9 pada skala richter (SR) di Kabupaten Malang pada Senin (8/7) pukul 09:13:39 WIB, terasa di sejumlah daerah sekitarnya.

Berdasarkan informasi daro Posko Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), di Bondowoso, gempa terasa cukup kuat selama 5 detik. Masyarakat yang berada di gedung RS Bondowoso segera keluar gedung dan dilaporkan tidak ada kerusakan.

Sementara di Jember, gempa yang berada di koordinat 9.16 LS, 113.00 BT dengan kedalaman 10 Km di bawah permukaan laut itu dirasakan cukup kuat selama 5 detik. Masyarakat sebagian keluar rumah dan dilaporkan tidak ada kerusakan.

Di Kota Malang, gempa terasa sedang selama 3-5 detik menyebabkan lampu di dalam gedung Kota Malang bergoyang meski tidak terdapat kerusakan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, DR. Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, berdasarkan peta guncangan gempa tersebut menunjukkan intensitas III MMI (lemah) di selatan wilayah Jawa Timur.

“Sumber gempa berada di bagian dalam zona subduksi atau pertemuan lempeng tektonik antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia,” kata Sutopo, Senin (8/7/2013).