Habib Rizieq: Longmarch Diubah Jadi Zikir 112 di Istiqlal, Murni Inisiatif Ulama

maiwanews – Aksi 112 yang sedianya diisi dengan acara utama berupa longmarch dari Monas ke Bunderan HI akhirnya diubah menjadi acara zikir dan tausiah nasional di masjid Istiqlal, Jakarta.

Demikian disampaikan Dewan Pembina GNPF MUI Habib Rizieq Syihab kepada wartawan di rumah dinas Menkopolhukam Jenderal TNI (purnawirawan) Wiranto, di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2017).

“Yang semula dari Monas ke HI menjadi zikir dan tausiah nasional yang dilaksanakan di masjid Istiqlal. Sekali lagi ini betul-betul inisiatif ulama,” kata Habib Rizieq yang didampingi KH Bachtiar Nasir, Wiranto dan sejumlah ulama.

Menurut Habib Rizieq, perubahan acara itu diambil ulama mengingat suhu politik jelang Pilkada DKI yang meninggi. Kata Rizieq, ada gerakan gerakan yang dikhawatirkan akan menjadi provokasi tidak sehat jika longmarch tetap dilakukan.

Forum Umat Islam (FUI) sambung Habib Rizieq, sepakat manaati hukum dan menghindar dari hal-hal yang kurang bagus terkait Pilkada DKI yang akan berlangsung 15 Februari mendatang.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan setuju dengan perubahan aksi ini. Tito mengaku mendukung aksi 112 sepanjang dilakukan semata-mata sebagai sebuah kegiatan keagamaan.

Saat ini, sejumlah rombongan ummat Islam dari berbagai daerah di Indonesia termasuk Jawa Timur dan Sumatera, sudah dalam perjalanan menuju Jakarta dalam rangka ikut dan mendukung Aksi 112.

Mereka memanfaatkan berbagai macam moda transportasi baik berupa kendaraan pribadi, bis umum, kereta api, maupun pesawat udara, termasuk ada yang menggunakan pesawat carter.