Hal Mengejutkan Dilakukan Agus, Ahok dan Anies di Debat Cagub DKI 2017

maiwanews – Secara keseluruhan acara debat cagub DKI Jakarta 2017 tahap pertama yang berlangsung hari Jumat (13/1/2017) malam di Hotel Bidakara, Jakarta aman dan berlangsung lancar seperti diharapkan.

Dalam debat yang dihadiri ketiga pasangan calon yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, serta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno tersebut, sejumlah kejutan terjadi.

Cagub nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang sebelumnya oleh sebagian publik diragukan kemampuan debatnya, justru tampil cukup dominan dan nampak lebih percaya diri dibanding usianya sebagai cagub relatif muda dibanding cagub lainnya.

Sementara cagub petahana dengan nomor urut dua yakni Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terlihat tampil jauh lebih santun. Ahok bahkan mengatakan bahwa syarat jadi pemimpin DKI harus memiliki sikap santun yang tentunya bertolak belakang dengan stigma Ahok yang dikenal kasar dan temperamental.

Anies Baswedan yang merupakan cagub nomor urut tiga dengan cara bertuturnya yang khas, berani secara terbuka mengatakan menolak tegas proyek reklamasi. Proyek reklamasi adalah salah satu program pemrov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Ahok-Jarot.

Selain itu, sebuah pertanyaan tak kalah mengejutkan, apakah para calon siap tidak akan tergiur ikut mencalonkan diri pada Pilpres 2019 mendatang, dijawab oleh Anies secara tegas bahwa dirinya akan konsentrasi pemimpin Jakarta jika terpilih.

Agus sendiri tidak menjawab secara spesifik pertanyaan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) yang dibacakan pembawa acara Ira Kusno, sementara Ahok sambil tertawa justru mempersilahkan Jarot menjawab pertanyaan itu.