Harga Bahan Pangan Justru Mengalami Kenaikan Usai Lebaran

maiwanews – Masyarakat berharap harga bahan pangan turun usai lebaran. Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengklaim, harga bahan pangan sudah stabil.

“Tidak ada gejolak harga sebelum dan pascalebaran. Kenaikan harga yang terjadi masih dalam batas wajar sesuai dengan peningkatan permintaan pasar,” kata Mendag saat meninjai Pasar Gedebage di Kota Bandung, Selasa (21/7/2015).

Namun berdasarkan pantauan di lapangan pada Senin (20/7/2015), harga sejumlah bahan pangan justru mengalami lonjakan yang cukup signifikan pasca Idul Fitri.

Di pasar Krangan, Cibubur, harga ayam potong naik menjadi Rp 40 ribu per kilogram dari sebelum lebaran hanya Rp 30 ribu/kg, sementara harga bawang merah naik jadi Rp 40 ribu/kg dari sebelumnya Rp 24 ribu.

Adapun harga cabe rawit yang sebelum lebaran masih di harga Rp 30 ribu, melonjak menjadi Rp 40 ribu, ikan bandeng juga alami kenaikan sebesar Rp 10 ribu menjadi Rp 40 ribu/kg.

Harga timun yang sebelum lebaran masih di harga Rp 6 ribu, juga tak mau kalah ikut naik menjadi Rp 10 ribu/kg. Kenaiakan harga tersebut dikeluhkan para ibu rumah tangga.

Menurut pedagang, kenaikan harga tersebut salah satunya disebabkan karena pasokan yang kurang.