Hari Ke-12, Tim SAR Gabungan Temukan 44 Korban AirAsia QZ8501

evakuasi-korban-airasia-maiwanewsmaiwanews – Hingga hari ke-12 jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 di perairan Selat Karimata, Kalimantan Tengah, sebanyak 44 jenazah sudah ditemukan oleh Tim SAR Gabungan.

Dari total 44 korban yang telah ditemukan itu, 41 jenazah sudah diterbangkan ke RS Bhayangkara, Surabaya, Jawa Timur untuk dilakukan identifikasi.

“Saat ini, 3 korban masih berada di Kapal, besok akan dibawa menuju Pangkalan Bun,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya (Masdya) TNI F Henry Bambang Soelistyo kepada wartawan, di kantor Basarna, Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Tiga jenazah baru ditemukan masing-masing satu jenazah oleh kapal milik Malaysia KD Kasturi, kapal Jepang JS Onami, dan kapal dalam negeri KN SAR Pacitan yang baru saja bergabung dengan tim gabungan.

Terkait pencarian yang dilakukan untuk mencari objek sasaran di sektor tambahan dua kata Bambang Soelistyo, tim gabungan telah berhasil menemukan tujuh objek di bawah laut yang diduga bagian dari pesawat.

Namun Bambang Soelistyo menjelaskan, pihaknya belum bisa mengkonfirmasi temuan tersebut. Namun yang dapat dipastikan kata dia, baru bagian ekor pesawat yang ditemukan pagi tadi.

Upaya pencarian hari ini lanjut Bambang Soelistyo, masih terkendala cuaca. jarak pandang yang hanya 1 meter di dasar laut, tidak memungkinkan untuk dilakukan penyelaman.

Saat cuaca sudah memungkinkan untuk menyelam kata dia, tim akan melakukan mengangkatan ekor pesawat dengan meggunakan metode floting balon atau crane, tergantung teknis di lapangan.

Dalam kesempatan itu Bambang Soelistyo juga menjelaskan bahwa dua kapal penolong dari Jepang akan meninggalkan area pencarian untuk kembali ke negaranya.