IIMS 2010: Proton Percaya Diri di Antara Merek Kelas Dunia

proton personamaiwanews – Kehadiran Proton di the 18th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 patut diacungi jempol. Meski terbilang baru, pabrikan mobil dari Malaysia itu tampil anggun dan percaya diri dalam ajang pameran otomotif terbesar se Asia Tenggara, yang berlangsung dari 23 Juli higga 1 Agustus 2010.

Dalam event tahunan yang digelar di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran oleh Gaikindo dan Dyandra Promosindo itu, dengan memilih stand di hall A, Proton menunjukkan tekad ingin mensejajarkan diri dengan pabrikan mobil kelas dunia lainnya.

Berada dekat dengan Hyundai, KIA, Daihatsu dan Suzuki, Proton pengandalkan produk sedan bermesin 1600 cc yang baru diluncurkan, yakni Persona Elegance yang merupakan pengembangan dari Gen.2 Persona, yang telah diperkenalkan di Indonesia pada bulan Juli 2008.

Selain Persona Elegance, Proton juga menampilkan empat jenis sedan lainnya seperti Savy yang berukuran kecil, New Saga dan Gen.2 yang berukuran sedang sama seperti Persona, serta mobil keluarga sekelas Kijang Innova yakni New Exora.

Harga mobil Proton tersebut terbilang murah sesuai kelasnya masing-masing. Untuk kategori sedan kecil seperti Savy, harganya berksar Rp 114 hingga Rp 124 juta, sementara untuk kategori mobil keluarga yakni New Exora, harga berkisar Rp 184 hingga Rp 220 juta.

Sementara untuk kategori sedang menengah seperti Gen.2, New Saga dan Persona, harga dipatok Proton adalah sekitar Rp 128 hingga 173 juta. Untuk memiliki mobil tersebut, proton telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan leasing seperti Adira dan BCA Finance.

Karena Gen.2 Persona yang sebelumnya diluncurkan pada tahun 2008 dianggap telah diterima pasar dengan baik, maka PT. PROTON Edar Indonesia menargetkan penjualan khusus Persona Elegance minimal 50 unit per bulan.

Kehadiran Proton di IIMS kali ini seharusnya memberi inspirasi kepada pemerintah Indonesia agar secara sungguh-sungguh segeran mendorong dan mewujudkan lahirnya industri otomotif buatan dan merek dalam negeri.

Sehingga dalam penyelenggaraan event otomotif seperti IIMS ke depan, Indonesia tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, tapi juga sebagai peserta yang disegani.