Imbang 2-2 Lawan Vietnam di Leg 2, Indonesia ke Final Piala AFF 2016

maiwanews – Setelah bermain imbang 2-2 melawan tuan rumah Vietnam dalam laga leg kedua, Indonesia memastikan diri maju ke final Piala AFF 2016.

Dengan hasil imbang 2-2 di leg kedua dan sebelumnya menang 2-1 di leg pertama ketika berlaga di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/12/2016), Indonesia unggul agregat 4-3.

Dalam pertandingan semifinal yang berlangsung di My Dinh National Stadium, Rabu (7/12/2016) malam WIB itu, Indonesia memimpin lebih dulu lewat gol Stefano Lilipaly di menit ke-54.

Bermain dengan 10 pemain di menit ke-77 setelah kiper Manh Tran Nguyen dapat kartu merah, Vietnam menyamakan skor lewat gol dari Vu Van Thanh yang meneruskan bola tendangan bebas rekannya di menit 84.

Di menit-menit akhir menjelang habisnya babak kedua, Vietnam mencetak gol melalui Vu Minh sehingga mengubah skor jadi 2-1 buat keunggulan tuan rumah. Karena agregat jadi 3-3, laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di menit ke-97, Manahati Lestusen yang menjadi algojo akhirnya berhasil memastikan kemenangan Indonesia keunggulan lewat sepakan dari titik putih setelah Ferdinan Sinaga dilanggar di kotak terlarang.

Di babak final Piala AFF 2016, tim Merah Putih asuhan pelatih Alfred Riedel akan berhadapan dengan pemenang antara Thailand lawan Myanmar.