Impor Minyak India dari Iran Tahun 2016 Capai Rekor Tertingi

Foto: Laura Upshaw
Foto Ilustrasi: Laura Upshaw

maiwanews – Impor minyak India dari Iran mencapai rekor tertinggi pada tahun 2016 karena beberapa pabrik penyulingan kembali melakukan transaksi pembelian setelah sanksi atas Iran dicabut. Peningkatan ekspor minyak secara tajam. Iran melejit ke tempat keempat di antara pemasok minyak untuk India pada tahun 2016, naik dari posisi ketujuh di tahun 2015. Sebelum sanksi, Iran bahkan menjadi pemasok terbesar kedua India.

Tahun ini pembelian minyak oleh India dari Iran mencapai 473.000 barel per hari. Desember tahun lalu impor dari Iran naik tiga kali lipat dari tahun sebelumnya yaitu sekitar 546.600 barel per hari. Tahun 2015 pabrik penyulingan mengurangi pembelian minyak karena sanki dikenakan terhadap Teheran.

Pabrik penyuling India Reliance Industries, Hindustan Petroleum, Bharat Petroleum, dan HPCL-Mittal Energy Ltd (HMEL) tahun lalu kembali melakukan kegiatan impor dari Iran, mereka tertarik dengan diskon oleh Iran.

Pada bulan April-Desember tahun lalu atau sembilan bulan pertama tahun fiskal, pasokan Iran ke India rata-rata mencapai 530.300 barel per hari, naik dari sekitar 400.000 barel per hari sebelum sanksi diperketat terhadap Teheran. Secara keseluruhan, India mengimpor 4,3 juta barel per hari minyak pada tahun 2016, naik 7,4 persen dari tahun sebelumnya. (m013/Tasnim News Agency)