Indonesia dan Korsel Buat Pesawat Tempur Canggih

sukhoi-mendaratmaiwanews – Guna menunjang alat utama sistem kesenjataan (alutsista) untuk TNI di masa mendatang, Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Korea Selatan (Korsel) berencana akan membuat pesawat tempur canggih.

“Untuk memenuhi kebutuhan alutsista jangka panjang guna menyongsong kemandirian alutsista,” kata Dirjen Pertahanan Nasional, Mayjen TNI Puguh Santoso usai menyampaikan kuliah di universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Senin 24 Januari 2011.

Menurut Puguh, pesawat tempur yang diberi nama KF-X tersebut, merupakan model pesawat jet tempur yang mempunyai kemampuan di atas Sukhoi buatan Rusia. Dengan memiliki pesawat ini katanya, TNI tidak perlu lagi membeli pesawat tempur dari luar negeri.

Meski tidak bersedia mengungkapkan berapa nilai investasi untuk pembuatan pesawat tempur tersebut, namun menurut Puguh, proyek besar itu rencananya akan rampung pada 2018 mendatang.

Pada tahun 2015, sambungnya, pesawat tempur milik TNI yang sudah tidak layak pakai, nantinya akan diganti dengan pesawat jenis ini. Selanjutnya kata dia, KF-X akan menjadi pesawat temput andalan TNI.

Terkait alasan mengapa Korea Selatan menjadi negara pilihan untuk digandeng membuat pesawat tersebut, Puguh mengatakan, di samping sudah jadi kebijakan Kemenhan RI, Korsel dinilai telah memiliki teknologi yang sama dengan Indonesia.

Seperti diketahui, TNI saat ini memiliki beberapa jenis pesawat tempur, diantaranya Sukhoi, F-16, Hawk, dan F5-E Tiger. Pesawat Tempur yang benar-benar baru hanya Sukhoi, itupun jumlahnya belum genap satu skuadron.