Indonesia dan Timor Leste Gelar Seminar Pemeliharaan Jalan di Dili

Pembangunan Pelabuhan di Dili Timor Leste 2008 (Foto: Lorrie Graham / AusAID)

maiwanews – Pemerintah Republik Indonesia (RI) bekerjasama dengan pemerintah Timor Leste menggelar seminar terkait proyek pengembangan kapasitas pemeliharaan jalan di Dili Selasa 14 Februari. Berdasarkan informasi dari pihak Humas Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) hari ini, Seminar dibuka Dirjen Pekerjaan Umum, Kementerian PU Timor-Leste, Mr. Jose Piedade.

Dalam pembukaan Jose didampingi Plt. Direktur Kerja Sama Teknik Kemlu mewakili Tim Koordinasi Nasional Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular (Kornas KSST) Indonesia, Siti Sofia Sudarma, dan Matsumoto Hideaki selaku Senior Representative Japan International Cooperation Agency (JICA) Timor Leste.

Kerjasama seminar kedua negara melibatkan antara lain Kementerian Pekerjaan Umum, Transportasi, dan Komunikasi Timor-Leste, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia, JICA, dan Tim Kornas KSST. Tim Kornas KSST terdiri dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kemensetneg, Kementerian PPN/Bappenas, dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Seminar tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan penjelasan mengenai aspek pemeliharaan jalan dalam kerangka kontribusi pembangunan infrastruktur jalan dan pemeliharaannya guna mempercepat pertumbuhan ekonomi dan sosial Timor Leste.

Seminar pengembangan kapasitas pemeliharaan jalan dimoderatori oleh Rika Kiswardani, Kepala Biro KTLN Kemensetneg dan dihadiri narasumber Joao Pedro (Direktorat Jalan, Jembatan dan Pengendalian Banjir, Kementerian PU Timor Leste), Dr. Slamet Mulyono (Kementerian PUPR Indonesia), dan Makoto Ashino (Konsultan dari JICA). (*)