maiwanews logo maiwanews
Rabu, 13 April 2011
admin


Indonesia Dipastikan Beli 16 Jet Tempur Korea T50

purnomo yusgiantoromaiwanews – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan-RI) dipastikan membeli 16 buah pesawat jet tempur T50 buatan Korea Selatan (Korsel). Satu skuadron jet tempur itu dibeli seharga US$400 juta atau sekitar Rp3,4 triliun.

Jumlah pesawat yang akan dibeli, disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran. “Kalau dengan batas anggaran satu skuadron,” kata Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu 13 April 2011.

Meski sudah memastikan akan membeli satu skudron, hingga saat ini kontrak pembelan belum juga dibuat. Menteri tidak menyebut mengapa kontrak pembelian jet tempur itu belum juga dibuat.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Imam Sufaat menjelaskan, pengadaan 16 buan jet tempur T50 ini adalah untuk menggantikan pesawat Hawk K53 yang saat ini dimiliki Indonesia.

Dikatakan KSAU, kemampuan jet tempur T50 hampir sama dengan F16 buatan Amerika. Namun T50 digunakan penerbang TNI-AU sebelum menerbangkan Sukhoi buatan Rusia dan F16, karena biaya operasi pesawat ini lebih murah namun memiliki kemampuan yang tak jauh beda dengan dua jenis tadi.

“Sukhoi sangat mahal operating cost-nya,” kata Imam Sufaat saat Hari Ulang Tahun TNI AU pada Sabtu 9 April 2011.



ARTIKEL LAINNYA

Semen Indonesia Salurkan Bantuan Rp 1,2 Miliar
Semen Indonesia Wujudkan Pertumbuhan Berkelanjutan
Semen Indonesia Bagikan Dividen 45% dari Laba
Semen Indonesia Raih Best Sustainability Reporting 2012
Demokrat: Boediono Dipastikan tak Hadir di Rapat Century
Menhan: Indonesia Bangun Kekuatan Rudal Jarak Menengah
Indonesia Posisi 4 Perolehan Medali Sementara Sea Games 2013
Indonesia Dibawah Kontrol Kartel Tambang Internasional?