Indonesia Promosikan Sumatera Barat di Pameran Wisata Oslo Norwegia

maiwanews – Indonesia mempromosikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) destinasi wisata peraih World’s Best Halal Destination dan Halal Culinary 2016 di pameran wisata The Norwegian Travel Fair – Reiselivsmessen Oslo 2017. Pameran di Telenor Arena tersebut berlangsung pada 13-15 Januari 2017.

Turut serta memeriahkan program kesenian di Reiselivsmessen diantaranya pelantun lagu Nasi Padang, Audun Kvitland, dan tim penari serta kuliner Sumatera Barat. Garuda Indonesia, penyabet World’s Best Airline for Halal Travellers 2016 di Dubai, turut mensponsori pameran ini.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia di Oslo, Yuwono A. Putranto, menjelaskan KBRI Oslo melihat pentingnya memperkenalkan Provinsi Sumatera Barat sebagai bagian dari destinasi wisata kepada publik Norwegia. Partisipasi KBRI Oslo berkat dukungan berbagai kalangan, termasuk dari Kementerian Pariwisata RI.

Panitia Reiselivsmessen memperkirakan tahun lebih dari 120 negara tujuan wisata dipamerkan oleh 400 peserta pameran (exhibitors). Diharapkan selama pameran sekitar 45.000 pengunjung dari Norwegia dan negara-negara Nordik akan hadir.

Anjungan Indonesia beradai pada posisi strategis dengan luas area 30m2, bersebelahan dengan panggung utama. Panitia memberikan peran utama kepada Indonesia untuk menampilkan kesenian dan kuliner Provinsi Sumatera Barat. Anjungan Indonesia juga mempromosikan daerah tujuan wisata alam dan bahari lainnya, seperti dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Aceh, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Reiselivsmessen merupakan pameran wisata tahunan di Norwegia. Melalui pameran ini, pengunjung mempertimbangkan tujuan wisata untuk liburan musim panas (Juni-Agustus) dan musim dingin (November-Desember). Dalam setahun, rata-rata waktu untuk berlibur mencapai 30 hari. Mereka juga mendapatkan tunjangan berlibur tiap tahun. Potensi ini membuat KBRI Oslo terus melakukan berbagai kegiatan promosi wisata, guna mendorong peningkatan wisatawan asal Norwegia. (m013/Kemlu/KBRI Oslo)