Iran Akan Tingkatkan Kekuatan Militer, Termasuk Kemampuan Rudalnya

Presiden Hassan Rouhani di hadapan militer Iran (Foto: Tasnim News Agency)

maiwanews – Presiden Iran Hassan Rouhani mengungkapkan rencana untuk meningkatkan kekuatan militer dan pertahanan termasuk peningkatan program rudal. Di hadapan militer pada acara Sacred Defense Week Jum’at 22 September di Teheran, Presiden Rouhani mengatakan Iran akan memperkuat militer dan pertahanan sesuai kebutuhan.

“Kami tidak akan meminta izin dari pihak manapun untuk mempertahankan tanah kami”, demikian disampaikan Presiden Rouhani seraya menambahkan bahwa peningkatan dilakukan tidak hanya pada kekuatan rudal, tapi juga angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Presiden Rouhani mengatakan kekuatan militer Iran dimaksudkan untuk melindungi martabatnya dan menjamin perdamaian, Teheran tidak akan pernah menggunakan kekuatannya untuk menyerang negara-negara lain. Lebih lanjut ia menegaskan dukungan Iran terhadap negara-negara regional melawan terorisme.

Presiden Rouhani mengkritisi Washington dan Tel Aviv atas perbedaan pandangan terkait Rencana Aksi Komprehensif Bersama (Joint Comprehensive Plan of Action / JCPOA). Amerika Serikat dan Israel dalam berbagai kesempatan telah menyerukan pembatasan terhadap kemampuan militer Iran.

Sementara itu, Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Sayyid Ali Khamenei pada berbagai kesempatan menggarisbawahi perlunya memperkuat kekuatan militer negara tersebut, ia menggambarkannya sebagai sesuatu yang alami dan “hak yang tidak dapat dicabut”. Mengembangkan industri pertahanan dianggap alami dimana kekuatan intimidasi dan aksi pembunuhan terhadap orang tidak bersalah telah mendominasi. (Tasnim News Agency)