Iran dan Afganistan Perkuat Kerjasama Bilateral

Presiden Hassan Rouhani dan Presiden Afganistan Ashraf Ghani, Jum’at 14 Juni 2019. (Foto: Tasnim)

maiwanews – Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani menyoroti dukungan kuat Iran bagi pemerintah dan bangsa Afghanistan dalam 40 tahun terakhir. Ia menekankan, “Teheran akan melakukan yang terbaik untuk memperkuat stabilitas dan pembangunan di Afghanistan”, kata Presiden Rouhani dalam pertemuan dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

Kedua kepala negaran melakukan pertemuan hari Jum’at 14 Juni di sela-sela KTT ke-19 Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Bishkek.

Presiden Rouhani juga mengungkapkan harapannya agar diperdalam hubungan bilateral bidang ekonomi kedua negara. Ia menggambarkan obat-obatan (narkoba) sebagai masalah utama bagi kawasan itu. Presiden Rouhani menyayangkan peningkatan penanaman opium di Afghanistan. Persoalan tersebut perlu ditangani secara serius oleh pemerintah Afghanistan dengan bantuan organisasi internasional.

Sementara Presiden Ghani mengatakan Kabul berharap dapat mengembangkan hubungan dengan Teheran di semua bidang demi kepentingan bersama. “Kami menyambut peran penting Iran bagi pembicaraan damai Afganistan”, ungkap Presiden Ghani. Ia meanmbahkan, adapun isu narkoba selayaknya dimasukkan dalam kerangka kerja negosiasi bilateral dan internasional.

“Teheran dan Kabul harus bekerja sama melawan perdagangan narkoba, ekstremisme dan terorisme,” kata Presiden Ghani, menekankan bahwa Afghanistan tidak akan pernah membiarkan tanahnya digunakan untuk melawan Iran. (Tasnim)