Iran Ekspor Obat Kanker ke Rusia pada Kuartal Keempat 2015

drugsmaiwanews – Republik Islam Iran berencana mengekspor obat-obatan termasuk obat kanker ke Rusia untuk pertama kalinya pada kuartal keempat tahun 2015. Roohollah Hedayati, manajer perdagangan sebuah perusahaan produsen barang farmasi di Iran, Tofigh Daru, hari Sabtu mengatakan perusahaan berencana untuk mengekspor obat-obatam ke Rusia. Obat-obatan tersebut termasuk obat multiple sclerosis (MS) serta obat berbagai jenis kanker.

Selain Rusia, pabrik obat Iran juga menyasar beberapa negara lain sebagai tujuan ekspor. Hedayati mengatakan target pasar mereka termasuk negara Amerika Latin, Turki, dan Pakistan.

Iran selama ini merupakan negara pengimpor produk farmasi, sedangkan nilai ekspornya masih rendah. Nilai impor negara Timur Tengah itu setiap tahunnya mencapai sekitar 1 miliar USD dari sekitar 60 negara termasuk Austria, Yordania, dan Armenia. Ketiga negara tersebut menjadi pemain utama dalam impor produk farmaai Iran. Adapun nilai ekspor Iran hanya mencapai sekitar 220 juta dolar AS dalam setahun.

Di tengah defisitnya neraca perdagangan internasional Iran untuk produk farmasi, negara tersebut telah membuat kemajuan signifikan selama beberapa tahun terakhir. Terutama dalam produksi bahan baku, termasuk obat untuk penyakit kanker.

Pemerintah Iran tengah mengupayakan menekan defisit neraca perdagangan luar negeri. Pejabat Departemen Kesehatan Iran mengatakan negara itu telah menyusun rencana untuk mengurangi impor obat-obatan ke level $ 800.000.000 pada bulan April 2016 dan sebagai gantinya meningkatkan kapasitas produksi perusahaan dalam negeri. (m013/PressTV | Foto/Gambar Ilustrasi: Boodoo)