maiwanews logo maiwanews


AZet Makassar Tour and Travel
Selasa, 19 April 2011
admin


Iran Membangun Kapal Perang Canggih

habibollah-sayyarimaiwanews – Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan, Republik Islam itu sedang membangun sebuah kapal perusak model baru Jamaran yang diberi nama Wilayat.

“Angkatan Laut Iran telah memproduksi sendiri kapal permukaan dan di bawah pemukaan serta unit pertahanan udara, sehingga tidak tergantung lagi dengan negara lain,” kata Sayyari di sela-sela parade militer yang diadakan dalam rangka peringatan Hari Kelahiran Tentara Republik Islam Iran, Senin, 18 April 2011.

Baik Angkatan Darat, Angkatan Udara, maupun Angkatan Laut Iran, turut tampil memperagakan kemampuan pertahanan dan kesiagaan militer mereka dalam acara tersebut.

“Angkatan Laut Iran mempunyai kemampuan memantau serta mengendalikan seluruh pergerakan pasukan yang ada di wilayah perairan [negara] selatan,” kata Sayyari seperti dikutip presstv dari kantor berita Fars News.

Terkait dengan keberadaan Angkatan Laut Iran di Laut Mediterania, Sayyari mengatakan, tujuan misi tersebut adalah semata-mata untuk melatih para siswa berada di beberapa wilayah laut, seperti Terusan Suez yang diketahui memiliki aturan navigasi tersendiri.

Komandan Angkatan Laut Iran menjelaskan, tujuan lain misi ini adalah dalam rangka memperkuat hubungan persahabatan dengan negara-negara regional. Menurut Sayyari, bahwa Angkatan Laut Iran memiliki hak untuk hadir di manapun di seluruh perairan international.

Republik Islam Iran telah berulang kali meyakinkan kepada dunia international bahwa pembangunan kekuatan militer negara itu, tidak diperuntukkan untuk menebar ancaman bagi negara-negara lain. Dikatakan, doktrin pertahanan Teheran hanya didasarkan pada pencegahan.

Diakuinya, sejak kemenangan Revolusi Islam di Iran pada tahun 1979, negara tersebut telah memulai kampanye untuk kemandirian dalam industri pertahanan dan memulai proyek-proyek militer dalam jumlah besar.

Sebelumnya pada bulan Februari tahun lalu, Angkatan Laut Iran memperkenalkan Jamaran, kapal pertama yang diproduksi di dalam negeri yang diluncurkan di perairan Teluk Persia.Kapal berkapasitas 1.420 ton tersebut, dilengkapi dengan radar modern dan juga kemampuan peperangan elektronik, serta mampu melakukan tugas patroli perairan selatan Teluk Persia.

The Jamaran memiliki kecepatan maksimal hingga 30 knot dan dilengkapi sebuah helipad. Kapal ini juga dilengkapi dengan rudal anti-pesawat yang canggih, rudal anti-permukaan dan sistem rudal anti-bawah permukaan. Selain itu, Kapal ini juga telah dilengkapi dengan meriam torpedo yang modern.(ylh)



ARTIKEL LAINNYA

Sejumlah Partai Lakukan Kampanye Perdana Hari Ini
Walhi Aceh Protes Pembangunan Jalan Sabang
Diabetes Melitus atau Penyakit Kencing Manis
Menhan: Indonesia Bangun Kekuatan Rudal Jarak Menengah
Mentan: Bebas Impor Sapi, Kenapa Harga Daging Masih Tinggi?
Capres Wiranto: Saya Siap Menasionalisasi Perusahaan Asing
Indonesia Akan Bangun Kapal Selam Besar-besaran
Nama 9 Korban Tewas Akibat Longsor di Berastagi