Iran Perkenalkan Senjata Baru, Termasuk Fajr-5 dan Misaq-3

maiwanews – Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Islam Iran memperkenalkan senjata-senjata baru mereka. Dalam sebuah upacara di Teheran Senin 6 Februari Menhan Brigair Jenderal (Brigjen) Hossein Dehqan meresmikan produksi senjata buatan lokal.

Peralatan militer Iran dirancang dan diproduksi oleh para ahli dalam negeri. Senjata-senjata itu dianaranya adalah roket pandu Fajr-5, senjata serbu Misaq-3, pelontar granat 40 mm berikut amunisi canggih, senapan Masaf dengan putaran 5,56 × 45 mm, dan sebuah pistol.

Menhan Dehqan mengatakan kepada wartawan senjata-senjata baru akan meningkatkan kemampuan militer secara signifikan baik dalam pertarungan individu maupun pertahanan udara. Ia menjelaskan bahwa sejak swasembada senjata, produksi peralatan militer KEmenterian Pertahanan (KEmenhan) meningkat 69 persen dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Dalam beberapa tahun belakangan ini militer Iran mengalami perkembangan pesat dalam memproduksi alat-alat perang, mulai dari senjata api hingga pesawat tanpa awak (drone). Namun peningkatan kemampuan industri militer Iran diklaim tidak untuk tujuan ofensif, Teheran menekankan bahwa doktrin pertahanan mereka didasarkan pada pencegahan.

Sebelumnya, Rabu 2 September tahun lalu Iran memamerkan rudal dan peralatan militer lainnya dalam sebuah parade. Lebih dari 500 kendaraan perang termasuk jet tempur dan helikopter mengambil bagian dalam parade militer besar-besaran di Bandar Abbas. Parade serupa dilaksanakan tiap tahun pada akhir September untuk mengenang para korban perang tahun dengan Irak. (Tasnim)