Iran Turki Sepakat Perkuat Kerjasama Bilateral

maiwanews – Iran dan Turki sepakat perkuat kerjasama bilateral, hal itu menyusul pembicaraan melalui sambungan telepon antara Presiden Iran Hassan Rouhani dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Rabu 24 Mei. Presiden Rouhani mengatakan dalam kurun waktu 4 tahun telah diambil langkah-langkah besar untuk meningkatkan dan memperdalam hubungan antara Iran dengan Turki.

Iran dikatakan berkomitmen meningkatkan nilai perdagangan, untuk itu Presiden Rouhani menilai Teheran dan Ankara perlu melakukan lompatan dalam hubungan dan kerjasama untuk meningkatkan perdagangan kedua negara menjadi 30 miliar USD.

Dalam bidang perbankan, Presiden Rouhani mengatakan pengembangan kerjasama menjadi dasar kuat dalam hubungan Iran-Turki dan bank-bank besar kedua negara harus didorong untuk meningkatkan hubungan kerjasama. Mengacu pada kerja sama regional antara Iran dan Turki, Presiden Rouhani mengatakan: “Kerja sama bilateral dan trilateral dengan Rusia dalam isu-isu regional, termasuk negosiasi Astana penting dan dapat berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas regional”.

Dalam perbincangan telepon itu Presiden Iran juga menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah bulan suci Ramadan dan mendoakan kesehatan dan kemakmuran bagi bangsa Turki.

Ucapan selamat dan doa Presiden Iran dibalas Presiden Erdogan dengan menyampaikan selamat atas kembali terpilihnya Rouhani sebagai presiden dalam pemilihan baru-baru ini. Presiden Erdogan mengatakan hal itu menggambarkan bahwa Presiden Rouhani diterima ditengah masyarakat Iran.

Presiden Erdogan melanjutkan, negaranya bertekad mengembangkan hubungan dengan Teheran di semua bidang, hubungan bilateral antara Iran dan Turki mengalami perkembangan dan perlu dipererat baik kerjasama bilateral maupun regional. Tidak ada hambatan dalam memperkuat hubungan antara Teheran dengan Ankara, kerjasama regional kedua negara utamanya dalam Pertemuan Astana memberi kontribusi bagi perdamaian dan stabilitas regional.

“Kita dapat mengakselerasi negosiasi Astana dengan kerjasama antara Iran, Rusia, dan Turki, bahkan dengan negara-negara lain dengan tujuan meningkatkan perdamaian dan stabilitas di kawasan”, kata Presiden Erdogan. (President of the Islamic Republic of Iran)