Jaringan Informasi Iran Aman dari Serangan Siber

maiwanews – Salah seorang menteri Iran menyatakan jaringan informasi nasional dan jaringan operatol seluler lokal tetap utuh dari serangan siber pada Jum’at malam terhadap organisasi-organisasi di seluruh dunia. Serangan itu berpengaruh pada sejumlah layanan internet di Iran.

Bagian inti jaringan informasi nasional dijalankan oleh perusahaan infrastruktur telekomunikasi, bagian dari kementerian teknologi informasi dan komunikasi Iran. Jaringan operator seluler Iran selamat dari seranagn siber Jum’at malam, hal itu disampaikan Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi Javad Azari Jahromi pada akun Twitternya Sabtu pagi 7 April.

Menteri Javad mengungkapkan kepuasan atas respon tepat dari perusahaan telekomunikasi terhadap serangan siber. Ia juga mengatakan pernyataan resmi terkait insiden tersebut segera dirilis.

Sabtu 7 April seorang komandan polisi siber Iran mengatakan serangan tidak menyebabkan kebocoran data atau akses tanpa otorisasi terhadap informasi penting Iran, serangan hanya menyebabkan melambatnya layanan internet.

Cisco Talos, divisi keamanan siber dari konglomerat IT Amerika Cisco mengatakan pada hari Jumat bahwa peretas menyalahgunakan switch Cisco yang tidak dikonfigurasi untuk mendapatkan titik masuk ke organisasi di seluruh dunia.

Iran meluncurkan fase pertama jaringan data nasionalnya pada Agustus 2016 setelah selisih sebelas tahun. Jaringan nasional menawarkan sistem internet baru dengan keamanan lebih tinggi, menurut para pejabat akan 60 kali lebih cepat daripada kecepatan terbaik saat ini. Ini juga dirancang agar lebih aman terhadap serangan siber potensial. (Tasnim)