Jerman Tangkap Terduga Anggota ISIS

maiwanews – Pihak berwenang Jerman mengkonfirmasi telah menahan seorang terduga anggota ISIS berusia 26 tahun di kota Wolfsburg. Tersangka disebut pernah mengikuti pelatihan militer untuk anggota militan jihad dan merekrut beberapa anggota baru untuk kelompoknya. Latihan tempur dijalani saat tinggal selama hampir tiga bulan di Suriah antara akhir Mei dan pertengahan Agustus 2014.

Kepala Kantor Investigasi Kriminal (Office of Criminal Investigation/LKA), Uwe Kolmey, membenarkan adanya penyelidikan terhadap kemungkinan tersangka terlibat kegiatan ekstrimis. Jolmey juga mengatakan tidak cukup bukti bahwa tersangka merencanakan serangan di Jerman. Ia menambahkan saat ini ada 12 penyelidikan terkait kelompok Islam di negara bagian Baden-Wuerttemberg.

Sementara Kepala Kantor Federal untuk Perlindungan Konstitusi (BfV), Maren Brandenburger, mengatakan bahwa otoritas mereka tidak menemukan bukti konkret adanya ancaman terhadap Jerman. “Jadi sekarang tidak ada yang perlu kita takutkan” kata Brandenburger. Kegiatan Salafi di Wolfsburg sudah dikenal luas dan diamati oleh pihak intelijen, kata Brandenburger kepada Jerman N-TV.

Walikota Wolfsburg, Klaus Mohr, telah memperingatkan masyarakat untuk tidak panik. Meskipun diketahui ada beberapa simpatisan ISIS di kotanya, ia menekankan bahwa sebagian besar masyarakat muslim sangat menentang ekstremisme dalam bentuk apapun. Mohr kemudian menjelaskan, sebagian besar warga muslim di kota Wolfsburg memiliki pemikiran dan tindakan jauh berbeda dengan anggota ISIS.

Secara keseluruhan, para pejabat Jerman meyakini sekitar 550 warga telah melakukan perjalanan ke Suriah dan Irak untuk berjuang bersama gerakan Negara Islam, hal ini menimbulkan kekhawatiran dari kemungkinan serangan di dalam negeri ketika mereka kembali. (m013/RT)