Jet Tempur MiG-35 Rusia Dirancang Untuk Dapat Menggunakan Senjata Laser

Jet Tempur MiG-35 Multirole Fighter (Foto: Mikoyan)

maiwanews – Rusia memperkenalkan jet tempur new MiG-35, Komandan Angkatan Udara Rusia, Viktor Bondyrev, menyatakan bahwa pesawat ini dapat menggunakan senjata canggih, termasuk senjata laser. Dirancang khusus untuk perang dalam situasi konflik dengan intensitas tinggi.

Kinerja kuat jet tempur MiG-35 berkat radar, anti radar, dan peralatan canggih lainnya. “Kami telah menambahkan poin suspensi dari enam ke delapan, dengan demikian dapat menggunakan senjata model terkini maupun masa depan, termasuk senjata laser”, kata President of the United Aircraft Corporation, Yuri, kepada kantor berita Rusia, TASS.

Sebelumnya, Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyaksikan uji terbang dari jet tempur serbaguna new MiG-35. Putin mengamati penerbangan dari Kremlin, melalui koneksi video langsung. “Jet tempur MiG-35 inovatif tersebut memiliki karakteristik performa lebih bagus”, kata Presiden Putin.

Ia menambahkan, pesawat tersebut bisa diperlengkapi dengan senjata-senjata moderen, pesawat tersebut mampu memantau 10 sampai 30 target pada waku bersamaan. Mampu beroperasi tidak hanya di darat, tapi juga di laut. Pesawat tempur MiG-35 disebut sebagai mesin unik dan menarik.

Pejabat Militer Rusia Jum’at 27 Januari mengatakan seluruh armada pesawat tempur ringan akan diganti dengan pesawat tempur MiG-35 terbaru. Komandan Angkatan Udara Rusia, Viktor Bondarev, mengatakan selama presentasi dari MiG-35 bahwa jet tempur akan mengganti semua pesawat tempur ringan.

Bondarev menjelaskan, jet tempur baru produksi pabrik pesawat Mikoyan Aircraft Corporation (MiG) mampu terbang dengan kecepatan lebih dari 2.700 km per jam atau 1.700 mph (mil per hour). Sanggup terbang hingga ketinggian 17.500 meter (57.400 feet/kaki).

Berdasarkan keterangan Bondarev, uji terbang jet tempur MiG-35 baru tersebut diharapkan selesai tahun ini, Mikoyan juga segera menyelesaikan kontrak jual beli sebanyak 30 unit dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia. Direncanakan pembelian MiG-35 tidak kurang dari 170 unit. (m013/Pravda/RT)